Halo Teman-teman Indocosugram ID! Kembali lagi di artikel #ICGView. pada artikel kali ini, kita berkesempatan untuk mewawancarai salah satu cosplayer yang masuk TOP 5 pada Rating Week di minggu ke 4 bulan Agustus, yaitu kak @desy_narita.

Langsung saja kita cuss!

Q: Halo, kak! Perkenalkan diri ke teman-teman Indocosugram ID!

A: Halo, Namaku Desy Narita, cosplayer dari Jakarta, sempet tinggal di Bali juga.

Q: Kaka Desy muulai Cosplay dari tahun berapa?

A: Itu sebenernya pertanyaan yang agak sulit ya, karena aku pertama cosplay dari tahun 2007, tapi baru seriusin Cosplay ini di tahun 2014. Di tahun 2007 itu cuman cosplay sekali doang. Jadi waktu itu, ada Event Lyto Festival kan, karena aku suka banget main Ragnarok Online, nah akhirnya di ajak temen untuk ikut Cosplay disana. Setelah itu udah gak pernah cosplay. Karena pada saat itu, aku masih belum mengerti banget soal Make Up, pose, dan perform, dan di tahun 2014 baru aku mulai mendalami cosplay ini.

Q: Apa yang membuat kak Desy tertarik untuk masuk ke dunia cosplay?

A: Karena dari dulu aku sebenernya udah tau yang namanya cosplay, tapi gak pernah mendalami banget kalau cosplay itu harus make up, menjiwai karakter nya, dan perform diatas panggung, ya pokoknya ada skill-skill yang harus di dalami dalam bercosplay. Kalau dulu tau nya bercosplay itu cuman tau nya ya pakai baju karakter yang semirip mungkin. Dan ya baru tau hal-hal penting dalam bercosplay yang aku sebutkan tadi baru di tahun 2014 itu. Mungkin karena makin banyak yang ikut cosplay jadi sepertinya mataku makin terbuka ya, haha. Kalau 2007 itu tau ada cosplay, mungkin belum banyak yang ikut dan pengetahuan kesana juga masih terbatas banget.

Q: Berarti di 2014 itu mulai dapet banyak kenalan yang bikin kak Desy ingin bercosplay dengan serius?

A: Bukan lebih ke kenalan sih, tapi lebih banyak event yang di adakan. Dan cosplayer-cosplayer makin banyak. Jadi istilahnya pada saat itu mulai booming banget.

Q: oke kak, sekarang kita mau bahas yang lain nih. Kalau berdasar kan info yang kita dapat dari stalking nih, kak Desy sering banget cosplay karakter yang “buka-buka an” tuh, pernah gak dapet komentar yang aneh-aneh gitu?

A: oh, kalau itu mah sering. Cuman makin kesini, makin dikit sih yang komen begitu. Sebenernya, mau kamu cosplay apapun itu, menurut ku akan ada aja komentar yang negatif, dalam bentuk apapun. Mau itu komentar body shaming, komentar ganjen, ataupun jelek-jelek in apapun, pasti ada aja. Mau kamu cosplay yang terbuka ataupun tertutup, mau kamu bagus banget pasti ada orang yang komentar jelek

Tapi ya nanggepinya ya biasa aja sih, gak terlalu gimana-gimana, Keep Positive.

Q: Tapi kak Desy pernah gak dapet komentar body shaming yang sampai bikin tersinggung banget?

A: Kalau body shaming sering banget, cuman kalau sampai tersinggung, aku sih biasanya nanggepinnya gak terlalu bawa ke hati banget, jadi ya biasa aja gitu. Karena orang-orang aneh, mahluk-mahluk astral dan sirik itu akan selalu ada, haha. Dan selama bisa pikir yang positif, kenapa harus mikir yang negatif nya gitu. Paling kalo mood lagi jelek banget, terus tiba-tiba ada yang ngeselin banget, yaudah block aja. Toh, aku gak butuh orang yang negatif dalam hidup aku.

Bedakan juga antara mana yang ngatain, mana juga yang emang pengen tahu. Terkadang ada yang nanya kayak ngatain, tapi sebenernya dia pengen tahu gitu. Kadang ya aku ngasih tau aja secara baik-baik, “kamu tuh gak boleh begitu. Kalo yang bener tuh ya begini” gitu. Ya, keep positive aja, terus berkarya.

Q: Dapet komentar seperti itu biasnya lewat Private Message atau langsung komentar di post?

A: Biasanya yang paling banyak lewat komentar. Yang lewat Private message juga ada, tapi jarang sih. Kecuali kalo emang dia kayak baper banget, dari komen, jadi pindah ke Private message, hehe. Terus juga karena aku sibuk, jadi ada admin yang memantau akun ku. Dia juga yang ku suruh buat bersih-bersih, haha, jadi kalo ada mahluk astral yang tidak berguna bagi ke positifan hidup ini, haha, jadi dia yang laporan. Kadang dia laporan “ini ada komentar yang gak sreg nih. Aku blok. Pokoknya blok” haha malah dia yang lebih galak, sementara aku ya nyantai aja.

Q: Sejauh ini, apa komentar yang paling aneh atau nyeleneh?

A: bukan nyeleneh sih, tapi ngeselin sih. Jadi ceritanya waktu itu ada foto yang keliatan perutnya gitu, dan pose nya agak nyamping, kalo di pinggang itu kan kalo kita menyamping gitu kan suka ada lipatan kulit gitu. Terus ada yang dengan santai bilang “Gendut”, ya aku protes dong “itu tuh lipatan kulit, bukan gendut”, terus bete lah aku, dan akhirnya rame lah gara-gara itu doang. Cuman abis itu orangnya minta maaf sih hehe.

Kalo sampai yang mengganggu dan gak sopan banget, jarang banget sih yang sampai Sex Harrasment, biasanya udah di babat duluan dari awal haha. Kalo dari gelagat nya udah aneh, yaudah blok aja lah ya. Sekali lagi, lingkungan sangat berpengaruh ya terhadap hidup kita, kalau kamu memelihara hal-hal negatif, kamu gak akan bisa positif.

Q: Tapi pernah dapet juga gak komentar-komentar agak random gitu kayak “Kak open FS dong” atau “Cece cantik gak punya pacar ya?” gitu?

A: kalo gitu kan berarti emang dia kepo ya, selama dia masih sopan ya aku aku tanggapi nya dengan santai, berarti dia perhatian sama aku haha. Aku kayak nya terlalu positif haha

Kalo yang minta FS, banyak banget. Tapi karena makin kesini aku gak ada waktu lagi untuk bisa bikin FS, mungkin mereka paham, ya walaupun juga masih ada yang minta begitu, tapi sekarang jarang banget. Karena dandan aja makan waktu, belum nulisin namanya, karena kebiasaan ku nulis sendiri, belum juga foto-foto nya. Terus pernah nyoba, karena likes di Fanspage Facebook ku lumayan banyak, iseng nyoba lah bikin buat orang-orang sebagai tanda terima kasih, aku buka lah post FS. Selang 5 menit, yang minta langsung berapa ratus haha. Aku gak sanggup, akhirnya aku batasin, haha. Jadi, daripada seharian ngurusin FS doang, mending enggak deh. Ya mungkin next time dibikin yang lain lagi, cuman masih belum tau. Mending Giveaway, lebih ada nilainya dan bermanfaat.

Q: Oke deh, kita beralih ke topik yang lain kak. Karakter favorit apa yang kak Desy yang pernah cosplay kan?

A:  Kalo karakter favorit, Tifa Lockhart tetap di hati sih ya. Karena, dia itu Kick-ass Beautiful Girl, jadi semuanya ada di dia. Baik, Kuat, Cantik juga, pokoknya keren deh.

Tapi kalo kostum, susah sih ya, karena tiap kostum ada nilainya masing-masing. Tapi kalo kostum yang terheboh dan teribet, Aranea Highwind sih. Aku merasa kalo pakai itu, merasa keren aja, karena gagah. Soalnya pertama nya ngeliatnya, gak ribet banget ya. Ternyata pas udah jadi, ribet banget haha. Aksesoris nya banyak, apalagi weaponnya kan gede banget dan tinggi nya lebih dari aku. Tapi entah kenapa ngerasa gagah dan cakep aja gitu, haha.

Q: Ada gak Cosplayer yang di di jadikan panutan?

A: Banyak! Ada Vampy Bit Me. Dulu pernah ketemu, dan dia baik banget. Ada juga Jessica Nigri. kalo cowok, ada Leon Chiro, aku suka “Roti Sobek” haha, dan juga Sephirot nya Keren banget.

Kalo dari Indonesia, mungkin Ce Pinky Luxun ya. Karena dia legend banget.

Mungkin ada juga aku manggil mereka Senpai, karena mereka yang pertama kali ngajarin aku cosplay, perform, dandan dan juga foto, Delyn sama Rangga. Mungkin kalo gak ada mereka berdua, aku gak akan bisa seperti yang sekarang.

Q: Ada gak suka duka selama menjalani hobi cosplay?

A: Suka duka ya? Suka nya lebih banyak sih. Banyak karena aku jadi bisa perform, bisa akting, bisa ketemu banyak temen, yang kalau dipikir-pikir, enggak kepikiran bisa kenal dan sedekat ini. Banyak juga kesempatan yang di dapat dari cosplay, pengalaman lebih banyak, bisa jadi motivasi buat jaga badan untuk lebih sehat.

Kalo duka, 5 kali Judges Favorite Single Cosplay CLAS:H Ennichisai tapi gak berangkat TGS haha. Sampai temen-temen ku mending stop aja deh. Gak-gak, Bercanda kok haha.

Duka nya salah satu nya, kita jadi Maso. Karena pertama, untuk bikin kostum gak gampang. Kedua, memakai kostum itu menguras energi juga. Ketiga, performance itu bikin kita di panggung rasanya kayak di neraka haha. Tapi, entah kenapa jadi nya addicted gitu. Kalo udah sekali perform, rasanya nagih haha.

Ada juga, ketika perform, gerakan udah bagus, eh tiiba-tiba wig nya lepas. Jadinya gagal menang. Rasanya sangat menohok di hati. Apalagi itu perform tim, jadi aku sangat merasa bersalah gitu, gara-gara aku, tim jadi kalah. Itu duka banget, tapi bisa jadi juga buat pelajaran.

Q: Ada yang ingin di sampaikan untuk Temen-temen Indocosugram yang sedang membaca ini?

A: Buat kalian, maju terus! Jangan menyerah gara-gara komentar jahat, karena orang jahat itu akan selalu ada di manapun, jadi biarin aja. Yang penting kita menjawabnya dengan karya yang baik. Pasti hasilnya ada kok. Jangan berhenti berkarya!

Q: Terimakasih kak Desy telah memberikan waktu untuk ngobrol bersama Indocosugram!

A: Sama-sama! Ajak lagi ya di lain waktu hehe.

Kiky

Kiky

Founder @indocosugram yang biasa di panggil "Nchou" di Line Openchat maupun di Discord Indocosugram. Penyuka hobi Cosplay, Jejepangan dan sekarang mendadak jadi Kpopers (lagi) dan WIZ*ONE garis keras

Leave a Reply