Halo, Teman-teman IndocosugramID! Maaf banget akan ada keterlambatan rilis #ICGView dikarenakan kesibukan author, editor, dan juga para admin. Tapi jangan khawatir, dalam waktu dekat #ICGView hadir lagi dan mulai rilis seperti biasa nih ^^

Dan pada artikel kali ini, kita berkesempatan untuk mewawancarai salah satu cosplayer yang masuk TOP 5 pada Rating Week di minggu ke 3 bulan Agustus, yaitu kak @melissavionita.

Yuk langsung kita simak!

Q: Halo kak! Mungkin bisa memperkenalkan diri dulu ke temen-temen Indocosugram!

A: Halo nama saya Melissa ato biasa dipanggil Melvi, cosplayer asal Semarang, cosplay sejak 2015, tapi mulai lumayan aktif sejak 2017an

Q: Apa yang membuat kak Melvi tertarik dengan dunia Cosplay?

A: Karena dari kecil suka anime/manga dan suka karakternya ya, sempat liat cosplayer2 di majalah/internet dan tertarik utk mencoba cosplay sendiri bahkan keterusan sampe sekarang.

Q: okedeh sekarang kita mau bahas post kak Melvi yang kita repost di @indocosugram. Kalau boleh tau, dimana kak Melvi melakukan photosession tersebut?

A: Untuk potses Naoto yang stage version ini aku photoshoot di balai kota, baik di halaman dalam balai kota maupun di luar gerbang nya. Ada cerita lucu sebenernya utk pemilihan tempat ini. Awalnya aku dan temen fotograferku menentukan tempat di lukisan gravity di antara balai kota dan lawang sewu karena melihat lokasi dr google maps. Kondisi nyatanya, lukisan gravitynya sudah tidak ada. Akhirnya kami tetap melakukan potses setelah melihat kondisi balai kota yang kebetulan dibuka untuk umum pada hari itu karena ada event seperti pentas seni. Event yg ada mengharuskan performer-perfomer yang ada melukis wajah dan memakai kostum warna-warni, jadi aku gak begitu kelihatan salah tempat sendiri haha.

Q: Berapa lama kak Melvi merencanakan project ini?

A: Untuk setiap project sebenarnya aku gak ada rentang waktu khusus untuk mempersiapkannya, kadang bisa 2 minggu saja, kadang bisa 1 tahun karena aku mengerjakannya hanya di waktu luang di sela-sela pekerjaan. Tapi untuk project ini mungkin hanya 1 bulan saja.

Q: Kostum nya bikin sendiri, sewa, atau beli kak? Dan berapa total budget nya?

A: Untuk kostum dan wig 80% aku bikin sendiri. Kostum beberapa yg simpel-simpel kadang beli atau mix and match dari baju sehari-hari dengan penambahan sedikit-sedikit. Untuk wig yang agak susah styling nya saya percayakan ke temen saya yang kebetulan wig maker. Kalo props kadang bikin sendiri, kadang dibikinkan oleh temen yg fotografer, kadang juga beli ke maker,

Kalau budget, untuk Naoto stage ini kurang lebih mungkin 500-700 ribu, sudah termasuk wig dan aksesoris.

Q: wah, keren banget bisa bikin kostum sendiri. Mulai dari tahun berapa untuk memulai bikin sendiri kak?

A: Sejak awal cosplay tahun 2015 aku sudah membuat kostum sendiri, namun awal-awal aku hanya bikin yang gampang-gampang karena keterbatasan skill menjahit, seperti seifuku atau blus simple dengan material yang mudah saja

Q: Kenapa bisa berkeinginan untuk bikin kostum sendiri?

A: Untuk menghemat budget haha tapi saya gak menyesal belajar membuat kostum sendiri karena skill yang didapatkan juga macam-macam termasuk menjahit, crafting, mengatur waktu dan keuangan juga.

Q: Pernah gak kepikiran buat Open Commish untuk Umum?

A: Pernah, cuman di samping itu mikir juga soalnya aku bikin kostum nya kan sambil kerja, takut nya gak sempat kebuat kostum nya. Jadi cuman terima buat temen-temen yang udah tau kalo aku bikin kostum nya gak bisa cepet-cepet.

Q: berarti ada kesibukkan lain ya kak selain cosplay?

A: Ada, bantuin orang tua.

Q: kesehariannya emang sibuk banget ya sampai jarang ngevent? Atau memang gak seberapa suka ngevent?

A: Iya agak gak seberapa suka ngevent soalnya di Semarang panas hehe, dan juga kalo tiap Minggu aku ke gereja juga, jadi jarang banget bisa dateng ke Event

Q: Ada kostum favorit gak kak?

A: Aku suka semua, soalnya kostum nya di buat sendiri dengan sepenuh hati hehe. Tapi, kalo karakter nya, ada Protagonist nya Persona 5, soalnya cosplay-in Husbando hehe. Dan juga ini pertama kalinya nge-Crossdress jadi menantang banget.

Q: Siapa yang paling berpengaruh dalam hidup kak Melvi selama menjalani hobi cosplay ini?

A: Ada temen-temen photografer yang kadang suka ngajak untuk foto lagi

Q: Ada gak dari kalangan keluarga?

A: Kalo dari keluarga, enggak begitu mendukung sih, mungkin karena terlihat aneh ya di mata mereka.

Q: Ada cosplayer favorit gak?

A: Aku suka Mon, karena cakep banget, trus ada juga Hikarin, ada juga Lita cosplayer dari Korea Selatan, dia bikin kostum sendiri juga.

Kalo lokal, aku suka Nekonoi Katsu, Zurako, mereka bikin kostum sendiri juga.

Q: Apa yang kak Melvi sukai dari hobi cosplay ini?

A: Pertama, bisa jadi karakter yang kita sukai itu rasanya puas banget. Terus cosplay juga mengajari kita skill macem-macem juga. Karena Cosplay itu seni, jadi aku suka banget bikin-bikin sesuatu, yang menghasilkan karya gitu.

Q: Ada gak suka dan duka selama menjalani hobi cosplay ini?

A: Duka dulu yah. Sempet maju-mundur sih, mau lanjutin hobi cosplay atau enggak. Awal-awal belajar jahit dan wig styling dulu susah banget. Aku jalanin terus dan lama-lama mulai enjoy juga, Cuman yang susah itu me-manage  waktu nya.

Sama pernah di anggep aneh sih, di anggep kayak anak kecil. Padahal ya enggak begitu juga, mereka belum tentu bisa jahit, belum tentu juga mereka bisa mengarahkan pose dan foto.

Pernah di ejek juga, tapi saya anggep angin lalu aja sih. Mungkin karena saya muka tembok juga haha jadi ya udah lah biarin aja orang ngomong apa, kalo di tanggepin malah gak maju-maju nanti.

Kalo suka, ya tadi salah satu nya, ketika bisa jadi karakter kita sukai.

Q: Ada gak yang ingin kak Melvi sampaikan untuk temen-temen Indocosugram?

A: Untuk yang mau terjun ke dunia Cosplay, mulailah dulu dari karakter yang kamu suka dulu. Dan cari desain karakter yang simpel-simpel aja dulu supaya gak ribet sendiri. Karena masih awal, mungkin pengetahuannya masih dikit banget, dan daripada jadinya nanti gak maskimal. Seiring berjalannya waktu, nanti pasti bakal dapet banyak pengalaman dari sana-sini.

Terus gak usah peduli tanggapan orang lain. Maju aja terus.

Dan jangan pernah membanding-banding kan sama cosplayer yang udah skill nya udah dewa, Karena proses tiap orang untuk menjadi bagus kan beda-beda.

Q: oke deh kak, Terimakasih untuk kak Melvi sudah memberikan kita kesempatan untuk ngobrol kali ini!

A: Sama-sama!

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang kak Melvi, kalian bisa pergi ke https://www.instagram.com/melissavionita/

Kiky

Kiky

Founder @indocosugram yang biasa di panggil "Nchou" di Line Openchat maupun di Discord Indocosugram. Penyuka hobi Cosplay, Jejepangan dan sekarang mendadak jadi Kpopers (lagi) dan WIZ*ONE garis keras

Leave a Reply