Halo, Teman-teman IndocosugramID yang Nchou cintai, dan Nchou banggakan. Balik lagi di #ICGView. Pada artikel kali ini, kita berkesempatan untuk mewawancarai salah satu cosplayer yang masuk TOP 5 pada Rating Week minggu lalu, yaitu kak @saphiraniya.

Yuk langsung kita simak!

Q: Halo kak! Mungkin bisa memperkenalkan diri dulu ke teman-teman @indocosugram!

A: Oke, Namaku Saphiraniya, aku baru join di dunia cosplay ini baru 2 tahun sih, karena biasanya cuman suka nonton anime doang. Baru berani ikut cosplay di bulan november tahun 2017, jadi masih newbie banget hehe.

Q: apa yang membuat kak Saphira tertarik untuk masuk di dunia cosplay?

A: apa ya? Seru aja gitu yang membuatku tertarik ama dunia cosplay itu kan waktu pertama kali dateng ke Event, terus aku paling suka waktu liat para peserta Coswalk dan performance nya, itu bener-bener meranin banget karakter nya.

Q: waktu itu dateng pertama kali di event apa?

A: waktu itu event Besuki-ken Matsuri di Jember. Acara kecil, tapi sangat membekas banget, karena pertama kali di perkenalkan sama hobi ini yang bisa bikin “wah” banget.

Q: siapa yang memperkenalkan mu dengan dunia cosplay ini?

A: Di kenal in sama temen. Sebenernya, untuk cosplay nya sendiri udah tau dari dulu, cuman kalo memberanikan diri untuk ber-cosplay karena ajakan temen-temen, di hasut berulang kali dan akhirnya nyoba. Untuk pertama kali cosplay di CLAS:H Surabaya di tahun 2018.

Q: waktu itu cosplay apa di CLAS:H?

A: jadi Hotarugusa dari Onmyouji

Q: okedeh sekarang kita mau bahas post kak Saphira yang kita repost di @indocosugram. Kalau boleh tau, berapa lama untuk merencanakan photosession tersebut?

A: itu sebenernya random aja sih, karena belum pernah merencanakan untuk photosession di studio. Jadi lebih sering aku pake di event-event. Untuk kostum Kizuna AI yang gamer itu pernah aku pakai di event “Daisuki! Japan”. Kebetulan ada temen fotografer yang ngajak untuk collab photosession. Dan juga untuk konsep Kizuna AI ini gampang banget cuman pake background putih aja. Dan di edit sedemikian rupa sama fotografer nya biar gak keliatan “Boring” gitu.

credit by Eryk Sinatra

Q: Untuk kostum sendiri bikin sendiri, sewa, atau beli?

A: kalo aku sayang banget gak punya bakat untuk crafting, jadi sampe sekarang cuman beli. Jadi, gak tau banyak pro dan kontra juga kalo kayak gitu jadi gak enak sendiri aja. Ketika liat temen yang bisa bikin kostum atau props sendiri rasanya pengen, tapi masih belum ada bakat disitu. Jadi, untuk sementara masih beli, atau di commish-an orang.

Q: Kalo beli, biasanya beli dimana?

A: aku biasa beli di taobao

Q: ada hambatan selama photosession berlangsung?

A: kalo hambatan, jadi sebenenernya di studio tersebut space nya agak sempit, dan juga aku gak pintar berpose, jadi dari ratusan foto itu banyak yang foto nya pose nya aneh, yang senyum nya juga aneh, jadi paling lama itu menentukan pose juga.

Q: oke sekarang kita membahas yang lain deh. Kak Saphira kan baru memulai cosplay di tahun 2017, apa pandangan kak Saphira terhadap dunia cosplay di Indonesia sebagai cosplayer baru?

A: Sebagai cosplayer baru, aku ngerasa temen-temen “welcome” banget, terus aku juga ngerasa salut dengan mereka, meskipun aku datang dari luar kota pun, mereka bener-bener ramah banget, dan pede banget seperti ngajak selfie bareng sesama cosplayer dan saling memuji “wah kostum mu bagus ya” dan lain-lain, jadi bener-bener ngerasa di sambut banget. Jadi, kenapa aku berani untuk nyoba cosplay karena memang aku kagum banget sama mereka.

Q: Nah, kalo tadi kan impression secara positif ya, pernah gak ngerasain impression yang negatif sama dunia cosplay di Indonesia?

A: ada sih. Yang baru aku sadar sih, rata-rata untuk temen cosplay ini mereka lebih suka speak-up di sosial media. Jadi, beberapa masalah itu suka timbul di sosial media. Entah ini cuman di lingkungan ku aja atau gimana, cuman dari teman-teman yang aku tau, semua rata-rata emang sangat berani untuk mengungkapkan pendapat nya, dan itu selalu di sosial media, yang kadang aku juga suka agak takut. Semua pendapat gak selalu bagus, dan kalo kita berpegang teguh sama satu hal, bener-bener udah gak ada yang bisa ngasih tau lagi. Memang ada bagusnya berpegang teguh sama keyakinannya. Cuma, untuk di sosial media juga, dimana disana kita bisa saling tahu, bisa saling lihat, kita juga tetap harus open minded. Beberapa teman-teman cosplayer ada yang open minded, namun beberapa ada juga yang close minded, tapi mereka semua yang aku suka mereka selalu berani mengemukakan pendapat mereka di sosial media. Tapi selama di real life sih, di bandingkan dengan teman-teman di komunitas lain seperti komunitas musik, atau seni-seni yang lain, mereka dak se-vokal temen-temen cosplayer. Mungkin karena memang dasarnya jiwa pemberani banget ya.

credit by Eryk Sinatra

Q: Sebelum masuk ke dunia percosplayan ini, pernah ada kepikiran yang aneh aneh gak?

A: Jadi, aku itu orang nya pesimis banget ya, jadi aku selalu mikir “wah, kalau aku cosplay karakter ini, pasti gak ada yang tau” atau “pasti aku gak bakal bisa pede atau sebagus mereka” jadi sampe sekarang itu aku selalu minder.

Q: Ada gak keinginan untuk kedepannya dunia cosplay di Indonesia itu seperti apa?

A: sebenernya kita itu kurang open minded aja, sama kurang toleransi. Karena, tau lah ya sekarang sedikit-sedikit drama,  suka nya rame di sosial media. Segala macam permasalahan itu bisa di selesaikan secara baik-baik. Ketika kita menulis nya di sosial media kan sama aja kita ngundang orang lain untuk berpikiran jelek juga terhadap orang lain. Kalo sama temen-temen sih sebenernya aku tetap salut sama mereka, sama kreatifitas, cara berpikir mereka dan kerja keras mereka dalam mewujudkan sebuah karakter itu konsisten banget. Cuman mungkin beberapa di sosial media itu kek saling hujat gitu. Harusnya kan kita harus menjaga image kita juga.

Q: Ada gak karakter yang di favoritkan?

A: Kizuna AI, karena dia lucu, cantik juga, ya jadi imbang lah.

credit by Eryk Sinatra

Q: ada lagi cosplay favorite selain kizuna ai kak?

A: aku cuma sekali cosplay hotaru busa dari omyoji, tapi aku suka bangett, karakteristik kostum nya omyoji itu unik banget, dan itu kostum cosplay pertama ku

Q: cosplan ke depan apa nih kak

A: aku pingin nyoba saber sama atalanta dari series fate

Q: selama jalanin hobby cosplay ini ada suka duka nya ga kak?

A: suka duka ada pastinya, duka nya sering laper mata, sering ngeliatin FJB TT nyari baju kostum, bingung libur cuti kerja nya

Suka nya, ketemu orang banyak, dari dulu memang aku pingin banget punya hobby yang ada komunitas nya, jadi dari dulu aku ga punya komunitas apa-apa, jadi temen ku ya cuman temen kelas dan temen sekolah sebelum nya,

Nah akhirnya ketemu temen-temen cosplay orang nya unik-unik banget.

Trus pas kostum dateng, nyoba, langsung turun event gitu, rasanya terbayarkan semua.

Q: ada pengalaman tak mengenakkan saat cosplay?

A: ada sih, aku pernah cosplay kagura, nah aku ngerti kalo cosplay ku jelek, karena waktu itu lomba cosplay nya di majuin, jadi kostum ku ga maksimal, nah trus aku upload di IG foto nya, aku tag akun-akun Mobile Legend Indonesia gitu, ternyata rame banget orang dateng ke profil ku, like, komen, pertama komen nya baik-baik, makin lama makin rame di komen “kok tepos, kurus, kurang gizi, ga sesuai” dan lain-lain ada 300-an komen, aku nangis waktu itu.. aku juga ga pingin kostum nya jadi kayak gini, Cuma memang karena kondisi nya gitu, jadi ga sesuai..

Baru ini aku tau the power of netizen.. pas aku pake kizuna ai malah dibilang buncit, netizen nya ga konsistennnn TT

Q: repot memang ya netizen indo ini..

Pernah juga ga dapet pengalaman ga enak waktu di ajak foto sama pengunjung gitu di event?

A: pernah kayak di peluk-peluk gitu, nah dari situ baru aku tau asal sebutan wibu bau bawang, sampai pernah di suatu event ada yang bilang kalo mau dateng event harus mandi dulu hehe

Q: wah itu sih sudah rahasia umum kak hehe

hm mungkin pertanyaan ini bakal beda dari yang sebelumnya nih kak, tadi kakak sebelum wawancara katanya belum pulang kerja, nah kegiatan kak saphira selain cosplay apa kerja juga apa ada yang lain?

A: paling banyak waktunya sih memang buat kerja, tapi aku juga sering kadang ada colab sama yang lain, tapi awalnya memang dari csoplay gitu, jadi kalo dulu kegiatan ku cuman habis kerja tidur gitu doang, sekarang ada cosplay aku punya kegiatan lain gitu, colab sama fotografer sama videografer.

Q: tapi apa kak saphira kerja nya juga di indsutri cosplay?

A: kerjaan ku itu di bidang perhotelan

Q: kalo kerja di perhotelan kan biasa nya waktu nya padet banget nih, gimana cara kak saphira buat manage waktu nya

A: bener banget, makanya aku kalo mau dateng event ga bisa spontan, jadi harus siap-siap beberapa bulan sebelumnya, minim satu bulan sebelum event, aku sudah haru ngajuin cuti, liat hotel lagi rame apa ngga, yang jaga siapa waktu aku libur, jadi susah nya aku ambil cuti itu karena event kan selalu di weekend ya, nah kan hotel mesti rame di weekend, makanya jarang muncul hihi

Q: tapi apa masih bisa enjoy kalo cosplay sambil kerja gitu kak?

A: alhamdulillah aku masih bisa enjoy kok, aku bersyukur punya hobby cosplay di saat aku sudah punya penghasilan sendiri. cosplay ini kan memang hobby, jadi aku juga gabisa ninggalin pekerjaan ku juga. Makanya aku jarang ambil cuti, jadi pas ada event yang bener-bener aku pingin dateng, baru ambil cuti.

Q: nah aku mau tanya nih, katanya kakak kan juga jadi model cosplay gitu kan, itu di bayar juga?

A: aku belum sampai level yang profesional sampai dibayar gitu ya, jadi kita saling menguntungkan gitu, jadi aku juga dapetpengalaman, konten buat di post, mereka juga. karena kan aku juga punya pekerjaan yang memang aku full komitmen nya disana.

Q: kalau misal nih, kak saphira kedepan nya sudah mulai menghasilkan dari hobby cosplay ini dan penghasilan nya 11 12 dengan penghasilan kakak sekarang, apa kakak akan sepenuhnya masuk ke dunia cosplay secara fulltime apa tetep bekerja di bidang perhotelan?

A: pasti milih yang cosplay dong hehe, karena untuk saat ini yang gajinya gede kan perhotelan ya.

Q: nah ada cosplay panutan ga?

A: punipun, aku suka bangett, jadi awalnya aku tau punipun tuh di ceritain temen ku yang ngeracun aku buat cosplay, awalnya aku ga seberapa tertarik, tapi sama temen ku di follow IG nya, jadi kalo kita baru follow orang kan pasti story nya paling depan, jadi akhirnya tau trus liat kok wajahnya pipi semua, gemes banget liatnya ><

Q: nah terakhir nih kak, pesan kesan buat cosplayer di indoseia nih kak

A: Tetaplah jadi jiwa yang kreatif, jangan mudah di pengaruhi oleh toxic-toxic yang ada. Dan juga aku pengen kasih apresiasi juga buat temen-temen cosplay karena menurutku masih kurang dapet apresiasi dari orang-orang.

Q: oke deh kak, Terimakasih untuk kak Saphira sudah memberikan kita kesempatan untuk ngobrol kali ini!

A: iya, sama-sama! Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang kak Saphira, kalian bisa pergi ke https://www.instagram.com/saphiraniya/

Kiky

Kiky

Founder @indocosugram yang biasa di panggil "Nchou" di Line Openchat maupun di Discord Indocosugram. Penyuka hobi Cosplay, Jejepangan dan sekarang mendadak jadi Kpopers (lagi) dan WIZ*ONE garis keras

Leave a Reply