Halo! Mimin lagi disini, pada artikel #ICGView kali ini, kita berkesempatan untuk mewawancarai salah satu cosplayer yang masuk TOP 5 pada Rating Week minggu lalu, yaitu kak @ryoumatetsu.

Kak Ryoma ini yang cosplay jadi Pegasus dari seri saint seiya itu loh!

Yuk kita langsung saja mulai wawancaranya!

Q : Halo! Bisa di perkenalin dulu ini buat kak ryoma?

A : Nama saya Ryoma, tapi saya lebih di kenal dengan nama Ryo, saya mulai cosplay dari tahun 2008, tapi sekarang sudah mulai jarang cosplay

Q : Wah kenapa tuh kak?

A : Sekarang lebih ngambil ke event-event besar, jadi lebih ngejar perform di event besar begitu

Q : Oh jadi dulu sering perform juga?

A : Dulu pernah perform, dari tahun 2008 sudah mulai perform. Tapi sekarang sudah jarang perfom, lebih ingin menikmati susana event-nya daripada perform. Hehe…

Jadi lebih ngejar foto-foto di event sama photses saja.

Q : Kenapa lebih milih foto-foto saja?

A : Hm.. karena saya basicnya lebih suka fotography dan editing foto, emang passion saya disitu

Q : Jadi foto-foto yang ada di instagram nya kak ryo itu edit-edit sendiri?

A : Iya itu edit sendiri, foto sendiri, ada juga yang di bantu teman dan kakak untuk photses foto nya.

Q : Wah keren nih kak ryo, mimin baru tahu

A : Iya dong hehe

Q : Nah kak ryo kan mulai cosplay dari tahun 2008 nih, apa yang membuat kak ryo terjun ke dunia cosplay?

A : Pertama sih ngikutin kakak saya, jadi memang kakak saya mulai cosplay duluan, lalu saya kepikiran, “wah keren nih bisa bergaya ala-ala anime, karakter yang disuka begitu”, jadi kepingin begitu, pertama bikin bareng teman, cosplay original, terus ke seri anime, terus lanjut ke game, jadi ketagihan kesana nya.

Q : Kak ryo sendiri pernah ikut komunitas gitu?

A : Pernah, kebetulan saya domisili nya di bandung, jadi ikut komunitas cosplay bandung

Q : Mulai dari kapan nih mas?

A : Kalau tidak salah sekitar 2008 atau 2009 gitu sudah berdiri, cuman sekedar kumpul-kumpul sharing tentang cosplay aja, karena saya agak-agak jarang cosplay di tahun 2010, 2011, dan mulai aktif lagi di sekitar tahun 2013/14, jadi sempet vakum dari cosplay 2 tahun. Jadi cuman sekedar datang aja ke event.

Q : Apakah di komunitas cosplay bandung apa pernah bikin projek bersama?

A : Kalau di cosplay bandung lebih sering gathering, sharing ngobrolin tentang cosplay, tutorial bikin kostum, kalau projek biasanya bareng temen-temen di luar cosplay bandung

Q : Nah mas ryo kan katanya sempet vakum cosplay, kenapa nih?

A : Jenuh gitu, ga kepikiran buat cosplay yg lain, jadi saya dulu itu cosplay nya monoton, gaada perkembangan, original mulu, mau bikin berkembang misal ke level pakai armor gitu rasanya sulit sekali, tapi lambat laun , seiring berjalannya waktu, mulai bertahap bisa bikin kostum dari kain, sampai akhirnya sekarang bisa bikin kostum armor. Jadi dulu itu jenuh karena gabisa bikin kostum nya.

Q : Okay, kita mulai masuk ke post foto yang di repost oleh indocosugram ya kak Ryo. Katanya mas Ryo kan tadi foto nya di edit sama foto sendiri tuh, hambatan apa aja nih waktu bikin foto nya?

A : Mungkin yang bikin males banget itu nge crop foto nya ya, jadi kan harus sedikit-sedikit crop nya, jadi agak makan waktu. Satu lagi yang bikin susah adalah cari background nya, karena kan biasa nya background yang bagus itu berbayar ya, jadi kalo cari-cari di google yang gratis biasanya pecah gambarnya.

Q : Kalo kostum nya kak ryo sendiri gimana?

A : Kostum bikin sendiri, mungkin beberapa yang pakai kain di bantu sama orang tua, jadi orang tua juga bisa bikin kostum gitu.

Q : Di bantu orang tua juga?!

A : Iya jadi 50-50 lah, kalau yang armor saya dan kakak yang bikin, kalau fabrikasi kain orang tua.

Q : Wah jadi orang tua nya kak ryo mendukung banget ya hobby cosplay nya

A : Iya nih.

Q : Untuk kostum nya, bisa di ceritain dari awal ga kak ryo pembuatan kostum pegasus nya gimana?

A : Waktu itu sempet nonton film nya saint saiya yg “the legend of sanctuary” di TV lokal, jadi kepingin mau bikin pegasus karena menurut saya orang-orang juga udah pada kenal karakternya, tapi sebenernya dulu sempet ragu mau bikin kostum pegasus ini, karena ini kan kostum armor gitu.

Pegasus ini kostum armor pertama saya. Saya dulu bikin kostum itu bertahap, dari kostum kain, semi-armor, sampai full armor. Jadi belajarnya bertahap, ga langsung armor gitu hehe.

Sempet gagal 2 kali bikin armor ini, karena material yang kurang cocok, bahan kulit vinyl-nya ngelupas.

Q : Tapi kak ryo ini bikin seri saint saiya ada projek bareng temen?

A : Iya ada projek nya, jadi ada yang lain

Q : Pernah photses bareng?

A : Pernah, tapi cuman berdua aja waktu itu, sama Shun andromeda

Q : Untuk partner projeknya udah kenal lama?

A : Itu justru kakak saya yang jadi andromeda nya, jadi saya sama kakak itu selalu bikin projek berdua. Jadi kita bisa saling bantu buat bikin kostum.

Q : Butuh waktu berapa lama nih projek saint saiya nya?

A : Saint Seiya ini pertama kali di pakai waktu AFA tahun lalu, rencananya sih mau dipakai di AFA tahun 2017, tapi waktu itu ga sempet dan armor juga belum jadi, lalu yang AFA 2018 sudah sempet bisa dateng, tapi kesempatan buat perform ga ada. Karena kan susunan acara nya AFA 2018 sudah beda dari yang tahun 2017. Jadi pake pegasus buat nikmatin event aja disana hehe.

Q : Wah sayang banget ya ga dapet kesempatan buat perfom gara-gara susunan acaranya AFA berubah, padahal kostum sudah jadi tinggal perform aja tuh

A : Kalo event besar lain, saya targetin ICC juga, ICC tahun lalu dateng, projek  barengan dari FF Dissidia, ada 5 orang, cuman cosplay aja ga perform

Q : Kak Ryo sendiri sudah berapa karakter nih yang pernah di cosplay-kan?

A : Dulu sih paling sering karakter original ya, terus pernah cosplay 4 karakter berbeda dari Inazuma Eleven, Ao no Exorcist, Pegasus Seiya, robin, the world ends with you dari Square Enix, Sora dari Kingdom Hearts II, Onion Knight dari Final Fantasy 3, FF Dissidia, Naki dari Token ranbu, vocaloid juga pernah.

ICC tahun ini rencanya pakai kostum baru

Q : Wah kostum dari seri apanih kak

A : Dari Arkham Knight hehe

Q : Bakal ditunggu nih kak hihi, oh ya, dari sekian banyak karakter yang pernah kak ryo cosplay kan, mana nih yang paling favorit

A : Hm, yang paling favorit, yang paling sering di pakai juga, Naki dari Touken Ranbu dan Dissidia Final Fantasy.

Q : Kenapa nih bisa jadi favoritnya kak Ryo?

A : Karena perjuangan hunting bahan-bahan nya itu seru banget, jalan sama kakak cari bahan, cari pernak-pernik buat kostum, seru deh pokoknya

Q : Okay, saya mau tanya sesuatu nih kak ryo, mungkin ini agak mengganjal di hati, di postingan foto nya kak Ryo kan ada satu komen yang mungkin agak tidak pantas terkait body shaming, menurut pandangannya kak ryo gimana nanggepin nya?

A : Biasa aja sih, di buat lucu-lucu an aja, udah sering soalnya, jadi ada juga foto Saint Seiya di instagram saya, yang background nya ada aura pegasus nya, disitu juga ada, ya saya bales aja lucu-lucu an, ngulangin perkataan nya dia, ntar juga diem-diem sendiri, malah dia akhirnya nge follow saya, jadi fans baru gitu, jadi setiap postingan saya di like sama di komen, bahkan foto yang kasual pun juga di komen.

Q : Wah menarik sekali ternyata, dari hater berubah jadi fans ya xD

A : Iya nih malah jadi fans gitu hehe

Q : Kalo cosplayer panutan ada ga nih kak ryo?

A : Mungkin kalo dari indonesia ada mbak echow, kalau dari luar, ada Reika dari Jepang, dan Kamui Cosplay dari YouTube.

Q : Lalu ada ga sih suka duka kak ryo waktu menjalani hobby cosplay ini?

A : Mungkin duka nya sih paling repot kalalu misal ada event di luar kota, kan barang bawaan nya pasti banyak, mau nya langsung sampe aja gitu hehe, trus lama make up nya juga.

Suka nya, ya ketemu banyak temen disana, paling seneng sih di mintain banyak foto sama orang-orang yang sudah kenal dengan karakter kita

Q : Kita masuk ke pertanyaan terakhir nih kak ryo, ada gak nih pesan dan kesan buat para cosplayer di indonesia?

A : jangan kebanyakan drama sih ya, harusnya kalau ada drama di biarin aja, jangan malah di blow up, kalau drama keluar di sosmed ya biarin aja, ntar juga tenggelem sendiri, justru yang harus dan perlu di blow up itu karya sebenernya

Cosplayer di indonesia ini sudah bagus-bagus, tapi tolong tetep jaga attitude nya di sosmed atau di event yaa.

Q : okay mungkin cukup itu aja wawancara kita kali ini kak ryo, terima kasih buat kak ryo atas waktu nya, sudah nyempetin waktu buat di wawancarai oleh indocosugram. Semoga bisa bertemu di lain kesempatan.

A : sama-sama!

Kiky

Kiky

Founder @indocosugram yang biasa di panggil "Nchou" di Line Openchat maupun di Discord Indocosugram. Penyuka hobi Cosplay, Jejepangan dan sekarang mendadak jadi Kpopers (lagi) dan WIZ*ONE garis keras

2 Comments

Leave a Reply