Halo mimin disini, akhirnya artikel perdana dari pemenang rating week minggu lalu pun rilis! Nah pada kesempatan kali ini, kami telah mewawancarai salah satu dari top 5 pada post di IG hari minggu kemarin, yaitu adalah kak @aruki25

Kak aruki ini yang cosplay jadi  kamen  rider  faiz  itu loh! Yang  lagi  duel  sama  kamen rider orga!  Keren banget  kan fotonya?

Ternyata setelah mimin stalking IG nya mas aruki, ternyata mas aruki ini pemenang di Clas:H Cosplay Freestyle Solo dan juga jadi salah satu pilihan Judgeʼs Favorite Singles Cosplay Showcase di Grand Final Clash:H 2019 yang berlokasi di Ennichisai 2019 kemarin.

Wah makin keren ya!

Ok deh kita langsung masuk saja yaa ke sesi interview nya!

Q : Mungkin bisa di perkenalin dulu nih untuk mas aruki

A : Halo! saya aruki, saya cosplayer yang spesialis di kamen rider cosplay, saya sudah mulai menggeluti cosplay kamen rider dari tahun 2012 sebagai suit actor amatir di timnya AAC. Nah kalo belum tahu, AAC itu dulu adalah tim show tokusatsu dari ANIKI COSPLAY. Karena AAC bubar pada tahun 2015, saya memutuskan untuk lanjut sendiri cosplay tokusatsu.

Q : Nah katanya mas aruki sudah jadi spesialis cosplayer kamen rider dari tahun 2012?

A : Ah bukan gitu. Di 2012 saya mulai jadi suit actor, nah disitu baru kenal tokusatsu. Saat AAC bubar di tahun 2015, saya mulai bikin plan untuk jadi cosplay spesialis di rider, mulai debut di 2017 akhir, tepatnya di 31 Desember.

Q :  Kalo gitu untuk pertama kali ikut cosplay nya tahun berapa kak?

A : Wah pertama banget nih?

Q : Iya nih kak hehe

A : Sekitar tahun 2006, sudah lama banget, tapi cosplaynya sering ON OFF gitu, karena kuliah & kerja. Mulai fokus aktif lagi di tahun 2015.

As Aka Red (center – 2012). Pic by AAC Indonesia

Q : Untuk mas aruki sendiri, apa nih yang membuat mas aruki tertarik di dunia cosplay ini?

A : Kalo dulu 2006 cosplay itu masih jadi hobby yang unik, belum rame cosplay di 2006, jarang banget, dan jadi rasanya eksklusif banget

Q : Terus kenapa nih tertarik sama tokusatsu?

A : Saya jarang banget lihat di Indonesia cosplay rider yang niat sampai ngejar setidaknya pakai helm resin, beda sama di malaysia, thailand, china, taiwan. yang saya tahu, disana mereka bagus-bagus, malah bisa sampai gather satu tim yang kostum nya itu bener-bener wah dan keren banget, hampir mirip sama live stage nya.

Q : Terus untuk mas aruki sendiri belajar buat bikin kostum nya gimana nih?

A : Kalau cosplay yang dulu memang saya sempet bikin sendiri, tapi kalau sekarang saya lebih fokus ke skill di stage performance, lewat latihan bela diri dan gesture karakternya, sedangkan untuk pembuatan armor diserahkan ke maker. Karena waktu juga tidak memungkinkan untuk menjalankan keduanya sekaligus, ditambah juga saya kerja kantoran

Ennichisai 10th (2019). Pic by David Namora Andries

Q : Nah kita mulai bahas ke foto atau post mas aruki yang di repost sama indocosugram nih, bagaimana sih ceritanya bisa jadi foto itu?

A : Faiz itu kan karakter favorit banyak orang ya, baik di indo maupun di jepang. Karena lihat animo nya tinggi, akhirnya mulai pesen helm di Aniki Cosplay tahun 2017 & kostum di maker, selesai di 2018 pertengahan tapi itu pun masih revisi, dan baru bisa foto di 2019.

kebetulan selama nunggu dari proses produksi sampai bener-bener bisa dipakai, ada temen yang lihat helm faiznya, terus dia bilang tertarik untuk bikin orga, dan ternyata bener-bener dibuat kostumnya. Karena kebetulan karakter kita masih satu seri, yaudah kenapa ga kita rencanain foto bareng, ambil satu tema yaitu “paradise lost” dan foto di studionya JohannesBP. Ini juga pertama kalinya kostum faiz dipake.

Q : Jadi sebelumnya belum pernah di pakai kostumnya?

A : Iya itu pertama kali banget, sebelum- sebelumnya itu pakai kamen rider agito dan kabuto, baru faiz.

Q : Kalo boleh tahu ini total budget yang dikeluarkan ini hehe

A  : Waduh budget ya hehe, saya kasih range harga saja yaa, sampai belasan juta, tapi tidak sampai 20 hehe

Q : Kira-kira hambatan apa saja ini yang ada selama proses dari awal pesen kostum sampai photses nya?

A : Hm banyak banget hambatan nya, salah satu nya adalah pemilihan bahan untuk suitnya. Awalnya bahan yang saya beli sebelum nya untuk inner suit itu kurang cocok dan pas dihati, karena ga sama dengan kualitas bahan yang saya pakai di kostum kabuto. Jadi saya harus cari lagi bahan yang kurang lebih sama, karena bahan yang itu hampir menyerupai yang di jepang sana. Bahan yang saya cari ini sudah langka, bahkan di toko yang biasa saya beli di daerah tanah abang itu sudah gak ada stoknya. Akhirnya dapet dari temen yang juga kebetulan beli bahan yang sama.

Heisei Generation Forever special screening (2019). Pic by Irfan Aryawan

Q :  Dari pembuatan ada bahan-bahan khusus?

A : Mungkin yang pasti helm, karena dia pakai resin, dan helm saya semua dari ANIKI Cosplay, karena sudah familiar sama helm nya mereka. Kalau sisa bahan yang lain sih gak ada yang spesial, mungkin inner suit nya aja yang beda tadi.

Q : Nah sekarang kan makin sedikit nih orang yang cosplay tokusatsu, mas aruki sendiri kenapa masih bertahan sama tokusatsu?

A : Karena familiar dengan karakter tokusatsu, sudah lebih dari 7 tahun cosplay tokusatsu, dan lebih pede aja rasanya. Pernah cosplay karakter lain, tapi tidak ada yang sepraktis pake kostum kamen rider.

Q : Praktis dalam artian apa ini?

A : Misal kalau perform, cosplayer dari awal pasti make up dan lain-lain, jadi kalau saya amati, cosplayer itu waktunya habis di make up. Kalo saya kan engga, tinggal pake kostum, pake helm, beres, selesai tinggal lepas. Yang kedua ga perlu touch up, kalau keringetan ya tinggal buka helm, dan yang ketiga lebih disukai anak-anak, jadi banyak yang mau salaman, foto bareng, atau cuman sekedar peluk, gimana ya, itu sebuah kesenangan tersendiri gitu loh kalo bisa bikin anak-anak senang di event

Q : Nah katanya mas aruki tadi kan pernah cosplay selain tokusatsu, cosplay apa aja ini?

A : Dulu pernah cosplay altair dari assassinʼs creed pertama, kalo gak salah itu 2008/2009, lalu ragna dari blazblue, leon kennedy RE4, rufik dari Evil Within, yang terakhir jadi terra dari kingdom hearts sebelum fokus ke tokusatsu.

Q : Pernah cosplay in karakter tokusatsu selain kamen rider, misal super sentai atau yang lain?

A : Dulu waktu ikut AAC lebih sering ke sentai. Pernah jadi akaranger, battle japan, zyu green / green ranger, white ranger / kiba ranger, gavan, kabuto raiger / crimson thunder ranger

Ennichisai 10th (2019). Pic by anonymous

Q : Project kedepan apa nih?

A : Project kedepan, yang pasti rider lagi, ga cuman satu dua atau 3, tapi banyak hehe, mostly dari generasi heisei kuuga sampai decade. Pastinya bakal ada kejutan kostum-kostum rider baru

Q : Pesan dan kesan buat cosplayer di Indonesia nih mas aruki

A : Pesen saya, masih banyak yang merasa mereka ga berbakat dalam cosplay. Kalau kalian merasa  kurang, jangan pernah jadikan itu halangan buat terus explore hobinya. Kita ga akan tau sejauh apa kemampuan cosplaynya bisa kita improve kalo gak kita jalanin

untuk cosplayer baru : “Buat cosplayer baru, Youre granted with so much convenience buat mencari bahan, kostum atau props nowadays. Kalian tinggal cari di internet, gampang banget. You got so many digital information & tutorials about cosplay. All you need to do is just learn and do it. Jangan jadikan keadaan apapun, menghalangi kalian untuk menjalani apapun yang kalian sukai.”

Q : Terimakasih mas aruki sudah menyempatkan waktu nya untuk di wawancara oleh indocosugram

A : Sama-sama indocosugram!

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang Aruki, kalian bisa pergi ke  https://www.instagram.com/aruki25/

Kiky

Kiky

Founder @indocosugram yang biasa di panggil "Nchou" di Line Openchat maupun di Discord Indocosugram. Penyuka hobi Cosplay, Jejepangan dan sekarang mendadak jadi Kpopers (lagi) dan WIZ*ONE garis keras

2 Comments

Leave a Reply